Pages

Senin, 29 Agustus 2016

Mengenal Jenis Daging dan Ciri – cirinya

Potret Pertanian - Bernagai jenis daging ternak yang dikonsumsi terdiri dari daging Ternak besar  ( sapi, dan kuda ), daging ternak kecil ( kambing, dan domaba ), dan unggas ( ayam, itik, entok, dan kalkun ) tiap-tiap jenis daging menpunyai warna aroma dan nilai gizi yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi dari jenis ternaknya. Adapun ciri –ciri umum beberapa dari jenis daging tersebut adalah sebagai berikut:

Daging Sapi
Daging berwarna merah segar, warna merah keunguan apabiladaging terkenaoksigen akan berubah menjadi merah cerry.
Serat daging halus dan sedikit berlemak, lemak daging berwarna kekuning kuningan, konsistensi padat

Daging Kerbau
Daging berwarna lebih merah daripada daging sapi, serat dagingnya agak kasar lemak daging berwarna putih,.

Daging Kuda
Daging berwarna merah kecoklatan, warna daging berubah menjadi gelap kalau terkena udara luar. Serat daging lebih kasar dan panjang dari daging sapi, warna lemak daging kuning emas dan kosistansinya lunak, konsistensi padat.

Daging domba
Daging berwarna merah, jika dibandingkan dengan daging sapi warna nya merah gelap, terdiri dari serat-serat halus. Diabwah kulit dan antara otot-otot terdapat banyak lemak daging berwarna putih, konsistensi cukup padat, daging domba jantan berbau khas ( prengus = jawa ).

Daging Kambing
Daging berwarna lebih pucat dari daging domaba, lemak daging berwarna putih.

Daging Babi
Dagin berwarna pucat hingga merah muda, daging bagian punggung banyak mengandung lemak, lebih lembek dibandingkan dengan lemak sapi atau kambing, daging padat bau spesifik daging babi.

Daging Ayam
Warna daging pada umumnya keputih – putihan, serat daging halus diantara serat daging tidak terdapat lemak, warna lemak putih kekuning-kuningan dengan konsistensi lunak, konsistensi daging kurang padat.

Daging  Kelinci
Warna dan serta dagingnya hampir sama dengan daging ayam, konsistensi kurang padat.

Daging Bekicot
Warna daging putih kekuningan serat daging hampir tidak ada konsistensi pada bagian putih lunak dan bagian yang hitam padat, perlemakan tidak ada.

Nah demikian lah sekilas Mengenal Jenis Daging dan Ciri – cirinya  semoga bermanfaat dan menjadi literatur dalam memilih daging yang akan kita konsumsi, sekian dulu dan salam sukses dari Potret Pertanian.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

Blogger news

Popular Posts

Blogger templates

Wikipedia

Hasil penelusuran