Pages

Selasa, 30 Agustus 2016

Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Bahan Bakar Biogas

Potret Pertanian - Inovasi teknolgi dibidang pertanian terus dikembangkan sehingga mampu menunjang kesejahteraan petani, Kali ini saya akan mengajak sahabat Potret Pertanian untuk memanfaatkan bahan-bahan limbah dari kotoran ternak untuk dijadikan Bio Gas sebagai bahan bakar, yuk kita simak ulasan berikut.

Pemanfaatan kotoran ternak sapi untuk kebutuhan rumah tangga sebagai bahan pengganti bahan bakar minyak tanah, yaitu menghasilkan Biogas, Biogas dapat mengurangi krisis bahan bakar jenis minyak tanah atau gas LPG. Disamping itu mengurangi adanya penebangan tanaman kayu sebagai bahan bakar.

Selama ini kotoran sapi belum termanfaatkan secara maksimal yang saat ini hanya banyak digunakan sebagai pupuk saja dalam bidang pertanian. Nah oleh sebab itu perlu sosialisasi kemasarakat dengan lebih intensif. Kotoran sapi, kambing , kerbau, kuda, babi dan kotoran manusia, bila tidak dimanfaatkan tentunya dapat mencemari lingkungan.

Manfaat kotoran sapi

  •  Biogas. Biogas merupakan bahan bakar untuk memasak atau kompor gas, Lampu Petromak dan Generator Pembangkit Listrik.
  • Pupuk Padat. Kotoran sapi yang telah terurai gasnya, menyisakan kotoran padat ( sludge ) yang siap dimanfaatkan untuk memupuk tanaman, sedangkan kotoran yang kering atau basah dapat langsung digunakan sebagai pupuk tanpa  harus melalui proses terlebih dahulu.
  • Pupuk cair. Kotoran sapi yang berbentuk bubur  ( kotoran encer ) masih dapat dipisahkan untuk mendapatkan pupuk cair melalui proses penyaringan alami, tanpa tambahan bahan kimia.
Dengan demmikian sebagai petani yang menggunakan pupuk untuk pertanian tentunya akan menghemat pembelian pupuk dan bahan bakar.
Nah berikut gambar instalasi pembuatan biogas


Nah tapi potret minta maaf jika keterangan dan teknisnya kurang jelas, tapi bisa dicari dan ditanyakan sama eyang google, Nah sekian dulu ya sahabat semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan berbagi kesiapa saja jika anda peduli dengan lingkungan, dan salam potret Pertanian.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

Blogger news

Popular Posts

Blogger templates

Wikipedia

Hasil penelusuran