Pages

Rabu, 24 Agustus 2016

Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri

Potret Pertanian - Selamat siang sahabat Potret Pertanian, Ketemu lagi dalam Postingan Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri Postingan Kali ini masih dalam lingkup budidaya tanaman cabe, setelah dipostingan yang lalu Jangan Sepelekan Gejala Rontok Bunga Pada Tanaman Cabe. dalam membudidayan tanaman cabe memang tidak luput dari gangguan OPT, yang akan mengurangi Bahkan tak jarang petani harus mengalami kebangkrutan akibat gangguan dari OPT tersebut. seperti halnya dalam ostingan kali yang akan kita bahas sedikit tentang penyakit layu pada tanaman cabe.

Penyakit Layu Fusarium.  
Penyebab penyakit ini adalah cendawan Fusarium oxysporium f.sp.capsici Schlecht.Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabe yang ditanam pada tanah masam (ph tanah rendah, kurang dari 6).    Serangan ditandai dengan memucatnya tulang daun sebelah atas dan diikuti menunduknya tangkai daun.  Jika pada batas antara akar dengan batang dipotong akan terlihat cicncin coklat kehitaman diikuti busuk basah pada berkas pembuluh.

Penyakit Layu Bakteri. 
Penyakit layu bakteri ini biasanya menyerang tanaman cabe yang ditanam di dataran rendah dibandingkan di dataran tinggi.  Gejala serangan yang kelihatan adalah layu pada beberapa daun muda dan atau menguningnya daun tua sebelah bawah.  Gejala lain yang terlihat adalah berkas pembuluh pengangkut yang berwarna cokelat tua dan membusuk setelah batang, cabang atau pangkal batangnya kita belah.

Banyak sekali sistem pengendalian kedua penyakit tanaman ini,  tapi kali ini Potret akan membagikan sedikit tips  Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri Tip ini saya lakukan tapi sudah lama sekitar 6 tahun yang lalu, dan hasilnya lumayan bagus sekali, waktu tanaman Cabe milik saya  hampir 40 % terserang layu, tak sedikit yang suda saya cabut dan buang jauh-jauh, berbagai cara suadah saya lakukan untuk mengendalikan masalah tersebut, tapi semakin hari tanaman saya semakin bertambah banyak jumlah yang layu. Sampai ahirnya saya dianjurkan oleh sahabat saya yang mengarahkan untuk mencoba resep obat yang yang dia ramu sendiri. 

Saya pun langsung membuat resep yang dia berikan, dan hasilnya hem... ssngat mengejutkan. Batang cabe yang sudah tampak layu kembali sehat, dan tak terliahat ada penambahan layu pada tanaman cabe saya. dan ahirnya alhamdulilah saya bisa panen juga. Ingin tau Caranya.?! yuk kiita simak langsung ulasan dibawah ini.

Bahan Bahan yang harus disiapkan.
  • Bawang Putih. siapkan bawang putuh yang jantan ( Bawang Lanang ) dalam bahasa jawa. untuk membuat kapasitas tanaman sekitar 1000 batang, siapkan sekitar 300 gram atau 3 ons bawang jantan. 
  • Siapkan fungisida dengan bahan aktif Metalaksil, yang saya pakai dulu adalah saromil. Untuk kapasitas pembuatan antibioti untuk 1000 tanaman, siapkan metalsil sekitar 5 gram.
Cara Pembuatan
  • Cuci bersih bawang jantan tersebut, dan selanjut nya tumbuk hingga lembut, atau gunakan  blander.
  • Hasil blanderan bawang janter tersebut masukan dalam kain kasa, dan peras ambil airnya sampai kering. dan masukkan kedalam wadah apa saja.
  • hasil perasan air bawang tadi campurkan dengan Saromil atau fungisida berbahan aktis metalaksil. aduk hingga merata.
  • Anti biotik sudah jadi dan siap untuk diaplikasikan dipertanaman yang sedang terserang layu.
Antibiotik buatan sendiri tadi bisa langsung diaplikasikan dengan cara campur dengan air sebanyak 200 liter air dan kocorkan ke pangkal batang tanaman cabe yang terserang layu tadi. bisa juga sebagai antisipasi untuk pencegahan pada tanaman yang belum terkena, ingat mencegah lebih mudah daripada mengobati. dan lihat hasilnya semoga saja sesuai dengan yang kita harapkan. 

Demikian tadi sekilas Atasi Layu Pada Tanaman Cabe dengan Anti Biotik Buatan Sendiri semoga bermanfaat dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian. Rekomendasi
Cara Pembuatan Pestisida Nabati Dari Bawang putih (Allium sativum L)

0 komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

Blogger news

Popular Posts

Blogger templates

Wikipedia

Hasil penelusuran