Pages

Senin, 19 September 2016

DETEKSI PENYAKIT KERDIL KUNING PISANG (BBTV) BERBASIS PCR

Potret Pertanian - Salah satu penyakit pisang yang bisa menjadi ancaman yang sangat serius selain layu fusarium dan penyakit darah adalah penyakit kerdil kuning atau disebut banana bunchy top virus (BBTV).  Penyakit ini banyak menyerang kultivar komersial seperti Ambon Kuning, Ambon Hijau, Barangan, Mas, Nangka, dan lain-lain. Sampai sejauh ini belum ada kultivar pisang yang tahan BBTV.

Penyebaran BBTV sangat mudah, ditularkan oleh serangga vektor kutu daun (Pentalonia nigronervosa) yang hinggap pada daun muda di bagian pangkal daun yang masih menggulung, sehingga sepintas hama tersebut tidak tampak dari kejauhan. Dari hasil penelitian, virus BBTV tidak ditularkan melalui tanah, dan penularannya selain disebarkan serangga vektor juga melalui bahan tanam. Salah satu cara penanggulangan BBTV adalah dengan mengendalikan serangga vektor dengan insektisida, dan menggunakan bahan tanam (benih) bebas virus. Benih pisang bebas virus bisa dihasilkan melalui perbanyakan secara kultur jaringan. Namun demikian bahan tanam yang digunakan untuk kultur jaringan harus dipastikan bebas dari virus.

Teknologi untuk mendeteksi adanya virus BBTV dalam jaringan tanaman pisang bisa dilakukan dengan menggunakan metode ELISA (enzyme-linked immunosorbent assay) atau PCR. Kelemahan dari ELISA adalah bila konsentrasi BBTV dalam tanaman sangat rendah metode ini kurang sensitif. Sedangkan dengan metode PCR, virus BBTV masih dapat dideteksi meskipun dengan konsentrasi yang sangat rendah. Seperti halnya teknik berbasis PCR lainnya, deteksi BBTV juga memerlukan adanya primer, yaitu serangkaian basa nukleotida yang digunakan untuk mengamplifikasi atau menggandakan fragmen DNA virus agar bisa dideteksi. Alasan inilah yang menyebabkan teknik deteksi menggunakan PCR lebih sensitif dari ELISA. Primer yang digunakan untuk PCR ada dua pasang yang akan mengamplifikasi komponen virus DNA-3 dan DNA-6, yang menyandi coat protein (CP) dan nuclear shuttle protein (NSP) dari virus BBTV.

Teknik deteksi BBTV berbasis PCR bisa dilakukan pada tanaman muda, bahkan pada tanaman kultur jaringan, sampai tanaman dewasa. Sampel yang diperlukan untuk analisispun juga tidak banyak (sekitar 0,1 g). Dengan adanya fasilitas laboratorium berbasis PCR, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika sudah bisa melakukan deteksi BBTV pada tanaman pisang menggunakan metode PCR yang akan melengkapi serangkaian kegiatan produksi benih tanaman bebas virus (Agus Sutanto, Makful & DW. Ardiana).
Gambar Gejala BBTV pada tanaman pisang dan serangga vektornya

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About

Blogroll

Blogger news

Popular Posts

Blogger templates

Wikipedia

Hasil penelusuran